Praktikum 3 – 360 Turn Table Animation
Tujuan
Membuat 360 turn table animationAlat
Blender 2.73aBahan
Cartoon dragon no rig (register dulu baru bisa download)Dasar Teori
360 turn table animation adalah animasi yang biasanya digunakan untuk menampilkan hasil karya 3D, semacam showcase. Animasi ini juga merupakan animasi umum untuk showreel seorang 3D modeller. berikut contoh penggunaan 360 turn table animation untuk showreel 3D modeling.Untuk melakukan praktikum ini diperlukan pengetahuan atas dasar-dasar teori berikut terkait perintah-perintah yang bisa dilakukan oleh blender. Diantaranya adalah perintah-perintah untuk manipulasi objek, meng-custom tampilan blender (view), dan menganimasikan objek menggunakan keyframe.
Petunjuk Praktikum
Percobaan 1: Test Render
- Buka file Cartoon dragon no rig.
- Buka tab Render pada view Properties
- Klik Render
- Hasil rendernya terlihat seperti terpotong padahal sebenarnya tidak
- Lakukan Zoom out pada view Image Editor sehingga keseluruhan hasil render bisa tampak
Percobaan 2: 360 Turn Table
- Buka file Cartoon dragon no rig.
- Pilih View Layout Animation pada tampilan 3D view, pilih opsi Animation
- Seleksi objek yang berkaitan dengan dragon mulai dari badan, kelopak mata, dan bola mata.
- Aktifkan properties panel pada 3D view
- klik frame 1 pada Timeline view
- klik kanan pada Z Rotation property kemudian pilih Insert Single Keyframe
Insert single keyframe
penambahan single keyframe tersebut akan meng-highlight Z rotation property dengan warna kuning dan akan menambahkan 1 item baru pada dopesheet.
- klik frame 250 pada Timeline view
- klik Z Rotation Property kemudian ketik 360 diakhiri dengan tombol ENTER
Set Z rotation property menjadi 360
warna highlight berubah menjadi hijau yang artinya property tersebut merupakan keyframe pada frame yang lain dan belum menjadi keyframe dari frame saat ini - klik kanan pada Z Rotation property kemudian pilih Insert Single Keyframe
- Pada tahap ini diperoleh keyframe untuk frame 1 dan 250. dimana frame 1 Z rotationnya 0 dan frame 250 z rotationnya 360. Maka saat tombol play dimainkan, akan menghasilkan pergerakan(tween) dari z rotation 0 menjadi z rotation 360 seperti berikut ini.
Hasil Praktikum yang diharapkan
- Test Render
2. 360 Turn table
Kesimpulan yang diharapkan
Dari percobaan tentang 360 Turn Table Animation adalah pada
percobaan pertama yaitu Test Render, pada percobaan tersebut tidak terjadi
permasalahan masih sesuai dengan langkah percobaan. Namun pada percobaan ke dua
yakni tentang 360 Turn Table terdapat permasalahan. Permasalahannya terletak
pada mata dragon yang tidak ikut berputar 360 sesuai dengan bagian yang lain.
Dari hasil percobaan hal ini dikarenakan objek mata dragon yang tidak ikut
terselect sehingga objek bola mata dragon tidak ikut berputar 360 sesui dengan
bagian tubuh yang lain.
Permasalahan seperti tersebut dapat diatasi dengan cara:
1.
Tekan angka 3 pada keyboard untuk menghilangkan
lightingnya.
2.
Tekan huruf B pada keyboard agar seluruh bagian
tubuh dari dragon termasuk bola mata ikut ter-select.
3.
Pastikan pada “All scene” terdapat scene
“Dragon”
0 komentar
Posts a comment