Rabu, 18 Maret 2015

Praktikum 3 – 360 Turn Table Animation

Tujuan

Membuat 360 turn table animation

Alat

Blender 2.73a

Bahan

Cartoon dragon no rig (register dulu baru bisa download)

Dasar Teori

360 turn table animation adalah animasi yang biasanya digunakan untuk menampilkan hasil karya 3D, semacam showcase. Animasi ini juga merupakan animasi umum untuk showreel seorang 3D modeller. berikut contoh penggunaan 360 turn table animation untuk showreel 3D modeling.
Untuk melakukan praktikum ini diperlukan pengetahuan atas dasar-dasar teori berikut terkait perintah-perintah yang bisa dilakukan oleh blender. Diantaranya adalah perintah-perintah untuk manipulasi objek, meng-custom tampilan blender (view), dan menganimasikan objek menggunakan keyframe.

Petunjuk Praktikum

Percobaan 1: Test Render

  1. Buka file Cartoon dragon no rig.
  2. Buka tab Render pada view Properties
    Render Tab pada View Properties
  3. Klik Render
  4. Hasil rendernya terlihat seperti terpotong padahal sebenarnya tidak
    Contoh Hasil Render
  5. Lakukan Zoom out pada view Image Editor sehingga keseluruhan hasil render bisa tampak
    Full zoomed out image editor

Percobaan 2: 360 Turn Table

  1. Buka file Cartoon dragon no rig.
  2. Pilih View Layout Animation pada tampilan 3D view, pilih opsi Animation
                          View Layout Options

    View Layout Dropdown

    Animation View Layout
  3. Seleksi objek yang berkaitan dengan dragon mulai dari badan, kelopak mata, dan bola mata.
    Seleksi objek berkaitan dengan dragon
  4. Aktifkan properties panel pada 3D view
    menu Properties panel

    Properties panel in 3D view
  5. klik frame 1 pada Timeline view

    Timeline View
  6. klik kanan pada Z Rotation property kemudian pilih Insert Single Keyframe
    Z Rotation Property

     
    Insert single keyframe

    penambahan single keyframe tersebut akan meng-highlight Z rotation property dengan warna kuning dan akan menambahkan 1 item baru pada dopesheet.

    Hasil penambahan single keyframe
  7. klik frame 250 pada Timeline view
    klik frame 250
  8. klik Z Rotation Property kemudian ketik 360 diakhiri dengan tombol ENTER
     
    Set Z rotation property menjadi 360

    warna highlight berubah menjadi hijau yang artinya property tersebut merupakan keyframe pada frame yang lain dan belum menjadi keyframe dari frame saat ini
  9. klik kanan pada Z Rotation property kemudian pilih Insert Single Keyframe
    Insert single keyframe

    Single keyframe untuk Z rotation 360
  10. Pada tahap ini diperoleh keyframe untuk frame 1 dan 250. dimana frame 1 Z rotationnya 0 dan frame 250 z rotationnya 360. Maka saat tombol play dimainkan, akan menghasilkan pergerakan(tween) dari z rotation 0 menjadi z rotation 360 seperti berikut ini.

Hasil Praktikum yang diharapkan

  1. Test Render

 2. 360 Turn table

Kesimpulan yang diharapkan



Dari percobaan tentang 360 Turn Table Animation adalah pada percobaan pertama yaitu Test Render, pada percobaan tersebut tidak terjadi permasalahan masih sesuai dengan langkah percobaan. Namun pada percobaan ke dua yakni tentang 360 Turn Table terdapat permasalahan. Permasalahannya terletak pada mata dragon yang tidak ikut berputar 360 sesuai dengan bagian yang lain. Dari hasil percobaan hal ini dikarenakan objek mata dragon yang tidak ikut terselect sehingga objek bola mata dragon tidak ikut berputar 360 sesui dengan bagian tubuh yang lain.
Permasalahan seperti tersebut dapat diatasi dengan cara:
1.       Tekan angka 3 pada keyboard untuk menghilangkan lightingnya.
2.       Tekan huruf B pada keyboard agar seluruh bagian tubuh dari dragon termasuk bola mata ikut ter-select.
3.       Pastikan pada “All scene” terdapat scene “Dragon”
 

0 komentar

Posts a comment

 
© Karung Animasi
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top