TUJUAN
Mahasiswa
dapat membuat animasi Walkcycle.
ALAT DAN BAHAN
- Laptop / PC
- Software Pencil 2D
- Wacom Intuos3
DASAR TEORI
Kali
ini kita akan membuat animasi Walkcycle. Dimana pengertian Walkcycle adalah
sebuah gerakan utama dari animasi orang / karakter berjalan yang terdiri dari 1
- 2 langkah saja. Yang kemudian bisa di ulang terus-menerus hingga menghasilkan
karakter yang berjalan. Gerakan dasarnya ada pada kaki. Untuk jelasnya, lihat
penjelan dibawah ini.
Masih
mengacu pada prinsip animasi sebelumnya yang pernah dibuat, prinsip yang
diterapkan dalam animasi Walkcycle diantaranya Timing and Spacing, Arcs
·
Timing anda Spacing
Keahlian dalam pengaturan waktu dalam animasi diperoleh
dengan pengalaman dan eksperimen pribadi, menggunakan metode trial and error
dalam menyempurnakan teknik. Gambar yang jumlahnya banyak akan menghasilkan
gerakan lambat dan halus. Gambar sedikit menghasilkan gerakan lebih cepat dan
lebih kasar.
Berbagai waktu lambat dan cepat dalam adegan menambahkan tekstur dan menarik bagi gerakan. Juga, ada waktu dalam ealis dari karakter untuk membangun suasana hati, emosi, dan reaksi terhadap karakter lain atau situasi.
Mempelajari gerakan eali dan penyanyi di atas panggung dan di film berguna ketika menghidupkan karakter manusia atau hewan.
Agar timing akurat, diperlukan pengaturan dope sheets pada animasi manual maupun timeline pada animasi digital, yang berisi keterangan tentang gerakan, dialog dan waktu.
Berbagai waktu lambat dan cepat dalam adegan menambahkan tekstur dan menarik bagi gerakan. Juga, ada waktu dalam ealis dari karakter untuk membangun suasana hati, emosi, dan reaksi terhadap karakter lain atau situasi.
Mempelajari gerakan eali dan penyanyi di atas panggung dan di film berguna ketika menghidupkan karakter manusia atau hewan.
Agar timing akurat, diperlukan pengaturan dope sheets pada animasi manual maupun timeline pada animasi digital, yang berisi keterangan tentang gerakan, dialog dan waktu.
·
Arcs
Pada animasi, ealis pergerakan tubuh pada manusia, binatang,
atau makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti pola/jalur (maya) yang
disebut Arcs. Hal ini memungkinkan mereka bergerak secara
‘smooth’ dan lebih ealistic, karena pergerakan mereka mengikuti suatu pola
yang berbentuk lengkung (termasuk lingkaran, elips, atau parabola). Sebagai
contoh, Arcs ditunjukkan pada lintasan tangan saat melempar bola dan
lintasan gerak bola di udara.
·
Pose to pose
Pose to pose merupakan penentuan key animation dan in
between dalam sebuah pergerakan animasi dari pose awal hingga pose akhir dan
nantinya akan berlanjut pada pose berikutnya.
Pose to
pose
Pose to
pose merupakan penentuan key animation dan in between dalam sebuah pergerakan
animasi dari pose awal hingga pose akhir dan nantinya akan berlanjut pada pose
berikutnya.
Abticipation
Anticipation adalah
sebuah gerakan yang dilakukan sebagai awal atau ancang-ancang sebelum melakukan
gerakan yang dimaksud.
LANGKAH PERCOBAAN
1.
Buka
software Pencil 2D
2.
Buat
lintasan arah pada gerakan orang berjalan pada layer vector
3.
Buat
gambar orang berjalan pada layer bitmap
4.
Tambahkan
layer baru dengan pose gambar yang berbeda untuk menghasilkan gerakan orang
berjalan
5.
Untuk
melihat hasilnya klik play and looping lalu matikan onion skin previous frame
pada display option
6.
Simpan
dan mainkan
HASIL PERCOBAAN
SOURCE
http://misscaptainalex.wordpress.com/animation/51-animation-exercises/ http://www.panduaji.net/2012/06/tutorial-animasi-walkcycle.html
0 komentar
Posts a comment