Senin, 06 Oktober 2014

Walk Cycle


TUJUAN
Mahasiswa dapat membuat animasi Walkcycle.
ALAT DAN BAHAN
  •  Laptop / PC
  • Software Pencil 2D
  • Wacom Intuos3
DASAR TEORI
Kali ini kita akan membuat animasi Walkcycle. Dimana pengertian Walkcycle adalah sebuah gerakan utama dari animasi orang / karakter berjalan yang terdiri dari 1 - 2 langkah saja. Yang kemudian bisa di ulang terus-menerus hingga menghasilkan karakter yang berjalan. Gerakan dasarnya ada pada kaki. Untuk jelasnya, lihat penjelan dibawah ini.
Masih mengacu pada prinsip animasi sebelumnya yang pernah dibuat, prinsip yang diterapkan dalam animasi Walkcycle diantaranya Timing and Spacing, Arcs
·         Timing anda Spacing
Keahlian dalam pengaturan waktu dalam animasi diperoleh dengan pengalaman dan eksperimen pribadi, menggunakan metode trial and error dalam menyempurnakan teknik. Gambar yang jumlahnya banyak akan menghasilkan gerakan lambat dan halus. Gambar sedikit menghasilkan gerakan lebih cepat dan lebih kasar.
Berbagai waktu lambat dan cepat dalam adegan menambahkan tekstur dan menarik bagi gerakan. Juga, ada waktu dalam ealis dari karakter untuk membangun suasana hati, emosi, dan reaksi terhadap karakter lain atau situasi.
Mempelajari gerakan eali dan penyanyi di atas panggung dan di film berguna ketika menghidupkan karakter manusia atau hewan.
Agar timing akurat, diperlukan pengaturan dope sheets pada animasi manual maupun timeline pada animasi digital, yang berisi keterangan tentang gerakan, dialog dan waktu.

·         Arcs
Pada animasi, ealis pergerakan tubuh pada manusia, binatang, atau makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti pola/jalur (maya) yang disebut Arcs. Hal ini memungkinkan mereka bergerak secara ‘smooth’ dan lebih ealistic, karena pergerakan mereka mengikuti suatu pola yang berbentuk lengkung (termasuk lingkaran, elips, atau parabola). Sebagai contoh, Arcs ditunjukkan pada lintasan tangan saat melempar bola dan lintasan gerak bola di udara. 

·         Pose to pose
Pose to pose merupakan penentuan key animation dan in between dalam sebuah pergerakan animasi dari pose awal hingga pose akhir dan nantinya akan berlanjut pada pose berikutnya.



Pose to pose
Pose to pose merupakan penentuan key animation dan in between dalam sebuah pergerakan animasi dari pose awal hingga pose akhir dan nantinya akan berlanjut pada pose berikutnya.

Abticipation
Anticipation adalah sebuah gerakan yang dilakukan sebagai awal atau ancang-ancang sebelum melakukan gerakan yang dimaksud.

LANGKAH PERCOBAAN
1.      Buka software Pencil 2D
2.      Buat lintasan arah pada gerakan orang berjalan pada layer vector
3.      Buat gambar orang berjalan pada layer bitmap
4.      Tambahkan layer baru dengan pose gambar yang berbeda untuk menghasilkan gerakan orang berjalan
5.      Untuk melihat hasilnya klik play and looping lalu matikan onion skin previous frame pada display option
6.      Simpan dan mainkan 
walk8 walk7 walk3

HASIL PERCOBAAN






SOURCE
http://misscaptainalex.wordpress.com/animation/51-animation-exercises/ 
http://www.panduaji.net/2012/06/tutorial-animasi-walkcycle.html



0 komentar

Posts a comment

 
© Karung Animasi
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top