Sabtu, 20 September 2014

BRICK FALLING FROM A SHELF ONTO THE GROUND

Pada percobaan ketiga kali ini adalah membuat animasi tentang Brick falling from a shelf onto the ground, dimana percobaan ini berbeda dari praktikum sebelumnya yaitu objek yang berbeda. Percobaan ketiga menggunakan objek balok bata. Balok bata diposisikan jatuh dari atas meja menuju ke lantai/ tanah. Untuk lebih lengkapnya dijelaskan pada dibawah ini.

TUJUAN

·         Mahasiswa mampu membuat animasi balok bata yang terjatuh dari meja

·        Mahasiswa mampu mengaplikasikan prinsip- prinsip animasi pada animasi Brick falling from a shelf onto the ground

ALAT DAN BAHAN

  • Computer/PC
  • Wacom Intuos3
  • Pensil 2D

DASAR TEORI

Prinsip dasar animasi merupakan hasil eksperimen dan latihan untuk memikirkan suatu cara bagaimana membuat sebuah animasi semirip mungkin dengan gerakan nyata sebuah obyek baik itu benda, hewan maupun manusia.  Selain itu juga untuk menunjukkan bagaimana ekspresi dan kepribadian suatu karakter. Fungsi dari prinsip animasi sendiri adalah agar setiap animasi yang dibuat kelihatan menarik, dramatis, dengan gerakan yang alami. Sesuai dengan post sebelumya prinsip animasi sebenarnya ada banyak, tapi untuk percobaan kali ini prinsip animasi yang perlu diterapkan ada 3 diantaranya Timing and Spacing, Ease In and Ease Out, Arcs.
1.      Timing and Spacing
Keahlian dalam pengaturan waktu dalam animasi diperoleh dengan pengalaman dan eksperimen pribadi, menggunakan metode trial and error dalam menyempurnakan teknik.
Gambar yang jumlahnya banyak akan menghasilkan gerakan lambat dan halus. Gambar sedikit menghasilkan gerakan lebih cepat dan lebih kasar.
Berbagai waktu lambat dan cepat dalam adegan menambahkan tekstur dan menarik bagi gerakan. Juga, ada waktu dalam ealis dari karakter untuk membangun suasana hati, emosi, dan reaksi terhadap karakter lain atau situasi.
Mempelajari gerakan eali dan penyanyi di atas panggung dan di film berguna ketika menghidupkan karakter manusia atau hewan.
Agar timing akurat, diperlukan pengaturan dope sheets pada animasi manual maupun timeline pada animasi digital, yang berisi keterangan tentang gerakan, dialog dan waktu.



2.      Ease In and Ease Out
Pengaturan letak dan jumlah frame yang diberikan agar menciptakan kesan adanya gravitasi dan akselerasi pada sebuah gerakan. 
Ease in akan memiliki motion tween mulai perlahan-lahan dan kemudian dengan cepat mempercepat pada akhir itu gerak. Sedangan Ease out akan memiliki motion tween mulai cepat dan kemudian melambat ketika datang ke akhir itu gerak.




3.      Arcs
Pada animasi, ealis pergerakan tubuh pada manusia, binatang, atau makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti pola/jalur (maya) yang disebut Arcs. Hal ini memungkinkan mereka bergerak secara ‘smooth’ dan lebih ealistic, karena pergerakan mereka mengikuti suatu pola yang berbentuk lengkung (termasuk lingkaran, elips, atau parabola). Sebagai contoh, Arcs ditunjukkan pada lintasan tangan saat melempar bola dan lintasan gerak bola di udara.




Contoh animasi tanpa menggunakan Prinsip Arcs
Contoh animasi dengan menggunakan Prinsip Arcs

LANGKAH PERCOBAAN
  • Buka aplikasi Pencil 2D.
  • Ubah nama Bitmap Layer.
  • Pada layer Dasar, gambar sebuah bangun kubus. Kubus diibaratkan sebagai meja.
  • Pada Vector Layer, gambarlah sebuah lintasan untuk membantu jalannya bata terjatuh.
  • Tambahkan sebuah Bitmap Layer . Gambarlah animasi balok bata pada layer tersebut.
  • Perhatikan posisi saat menggambar balok bata. Untuk mempermudah posisi balok bata buat tanda titik - titik merah pada lintasan yang sudah dibuat tadi merupakan tanda meletakkan posisi sudut kanan atas balok. Lanjutkan menggambar bata sesuai aturan diatas sampai balok bata benar - benar jatuh menyentuh tanah.
  • Untuk memperhalus gerakan, tandai ujung dan tumpuan balok bata dengan titik kalau titik- titik tersebut berbentu kurva maka percobaan anda berhasil.
  • Setelah selesai, mulailah mewarnai balok bata tersebut. Caranya, tambahkan sebuah Bitmap Layer dan ubah namanya.
  • Ubah warna pada Display Color menjadi warna merah, lalu dengan Brush Tool mulailah mewarnai balok bata tersebut. Lakukan sampai semua balok bata telah berwarna.
  • Jangan lupa untuk menyimpan hasil latihan ini.
  • Klik Loop dan Play untuk menjalankan animasi.

HASIL PERCOBAAN



REFERENSI
http://www.mohhasbias.com/

Prinsip- prinsip animasi




0 komentar

Posts a comment

 
© Karung Animasi
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top