Rabu, 10 Juni 2015

Prak 14 - 3 Point Light Setup






Prak 14 – 3-point Light Setup


1. Tujuan

Mengenal tata lampu pada media 3D melalui praktek tata lampu 3-point lighting

2. Alat

Blender 2.7+
Cycles Render

3. Bahan

4. Dasar Teori

A. Lighting Component

Salah satu komponen lighting adalah shadow. Shadow memberi informasi bentuk bagi sebuah objek.
Shadow juga berfungsi sebagai informasi posisi objek terhadap environment.
Penguasaan shadow, akan membantu kita untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

B. Lighting Setup

Lighting setup adalah tata lampu yang melibatkan satu atau lebih lampu yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda untuk mencapai tujuan yang sama.
Dalam 3 point lighting, terdapat 3 lampu yang digunakan. Masing-masing lampu tersebut ada yang berfungsi sebagai key light, fill light, dan back light.
fungsi dari masing-masing lampu adalah sebagai berikut:
  1. Key light berfungsi sebagai sumber cahaya utama
  2. Fill light berfungsi untuk membuat shadow dari key light menjadi lebih soft
  3. Back light berfungsi untuk membuat outline dari objek
Gunakan simulator ini untuk melihat efek dari masing-masing lampu.
secara umum tata lampunya relatif terhadap objek dan kamera adalah sebagai berikut





3 Point Light Setup

5. Petunjuk Praktikum

6. Kegiatan Praktikum

  1. Aplikasikan teknik 3 point lighting pada 3D model yang sudah kalian buat sebelumnya.
  2. Aplikasikan teknik 3 point pada model ben simmond
  3. Aplikasikan teknik 3 point pada model sintel

7. Hasil Praktikum 

a. Kill Light

b. Fill Light

c. Back Light

d. 3 point light setup

Percobaan dengan menggunakan objek Bensimonds
a. Kill Light Setup

b. Fill Light Setup


c. 3 Point Light Setup

Percobaan dengan menggunakan objek Sintel Lite

8. Kesimpulan yang diharapkan

dari hasil percobaan 3 point light setup, yang perlu diperhatikan adalah pada peleatakan objek yang dijadikan sebagai lampu, karena akan mempengaruhi dari kualiatas cahaya yang diarahkan, ukuran plane juga mempengaruhi. Harus disesuaikan juga dengan objek utamanya. Apalagi jika menggunakan objek bensimonds, plane harus diatur sesuai dengan ukuran objek utama dan ketiga ukuran harus memiliki ukuran yang sama pula. Kendala sebenarnya lebih ke pengaturan objek yang saya jadikan sebagai lampu, jauh dekatnya dengan objek utama juga mmepengaruhi. Kesulitan lainnya adalah pada peletakan back light harus tegak vertikal atau tegak horizontal atau dimiringkan. 

9. Referensi

0 komentar

Posts a comment

 
© Karung Animasi
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top