TUJUAN
Mahasiswa dapat membuat
animasi Flour
Shack
ALAT DAN BAHAN
- Laptop / PC
- Software Pencil 2D
- Wacom Intuos3
DASAR TEORI
Praktikum selanjutnya adalah
membuat animasi flour shack. Dimana pada animasi kali ini lebih menekankan pada
perubahan gerakan sebuah karung pada posisi yang sama. Perubahan pada animasi
yang saya buat kali ini adalah posisi kaki yang tetap hanya pergerakan pada
badan dari karung itu sendiri.Untuk
jelasnya, lihat penjelan dibawah ini.
Masih mengacu pada
prinsip animasi sebelumnya yang pernah dibuat, prinsip yang diterapkan dalam
animasi Walkcycle diantaranya Timing and Spacing, Arcs
Timing anda
Spacing
Keahlian dalam
pengaturan waktu dalam animasi diperoleh dengan pengalaman dan eksperimen
pribadi, menggunakan metode trial and error dalam menyempurnakan teknik. Gambar
yang jumlahnya banyak akan menghasilkan gerakan lambat dan halus. Gambar
sedikit menghasilkan gerakan lebih cepat dan lebih kasar.
Berbagai waktu lambat dan cepat dalam adegan menambahkan tekstur dan menarik bagi gerakan. Juga, ada waktu dalam ealis dari karakter untuk membangun suasana hati, emosi, dan reaksi terhadap karakter lain atau situasi.
Mempelajari gerakan eali dan penyanyi di atas panggung dan di film berguna ketika menghidupkan karakter manusia atau hewan.
Agar timing akurat, diperlukan pengaturan dope sheets pada animasi manual maupun timeline pada animasi digital, yang berisi keterangan tentang gerakan, dialog dan waktu.
Berbagai waktu lambat dan cepat dalam adegan menambahkan tekstur dan menarik bagi gerakan. Juga, ada waktu dalam ealis dari karakter untuk membangun suasana hati, emosi, dan reaksi terhadap karakter lain atau situasi.
Mempelajari gerakan eali dan penyanyi di atas panggung dan di film berguna ketika menghidupkan karakter manusia atau hewan.
Agar timing akurat, diperlukan pengaturan dope sheets pada animasi manual maupun timeline pada animasi digital, yang berisi keterangan tentang gerakan, dialog dan waktu.
· Arcs
Pada animasi, ealis
pergerakan tubuh pada manusia, binatang, atau makhluk hidup lainnya bergerak
mengikuti pola/jalur (maya) yang disebut Arcs. Hal ini memungkinkan mereka
bergerak secara ‘smooth’ dan lebih ealistic, karena pergerakan mereka
mengikuti suatu pola yang berbentuk lengkung (termasuk lingkaran, elips, atau
parabola). Sebagai contoh, Arcs ditunjukkan pada lintasan tangan saat
melempar bola dan lintasan gerak bola di udara.
Pose to pose
Pose to pose merupakan
penentuan key animation dan in between dalam sebuah pergerakan animasi dari
pose awal hingga pose akhir dan nantinya akan berlanjut pada pose berikutnya.
Abticipation
Anticipation adalah
sebuah gerakan yang dilakukan sebagai awal atau ancang-ancang sebelum melakukan
gerakan yang dimaksud.
LANGKAH PERCOBAAN
1. Buka
software Pencil 2D
2. Buat lintasan arah sebagai
acuan posisi karung pada layer vector
3. Buat gambar karung pada layer bitmap
4. Tambahkan layer baru dengan perubahan gambar yang berbeda untuk menghasilkan gerakan karung
bergoyang-goyang
5. Untuk melihat hasilnya klik play and looping
lalu matikan onion skin previous frame pada display option
6. Simpan dan mainkan
Hasil percobaan animasi Flour Shake saya:
0 komentar
Posts a comment