Selasa, 21 Oktober 2014

Flour Shake Waving (loop)

TUJUAN
Mahasiswa dapat membuat animasi Flour Shack

ALAT DAN BAHAN
  •  Laptop / PC
  • Software Pencil 2D
  • Wacom Intuos3
DASAR TEORI
Praktikum selanjutnya adalah membuat animasi flour shack. Dimana pada animasi kali ini lebih menekankan pada perubahan gerakan sebuah karung pada posisi yang sama. Perubahan pada animasi yang saya buat kali ini adalah posisi kaki yang tetap hanya pergerakan pada badan dari karung itu sendiri.Untuk jelasnya, lihat penjelan dibawah ini.
Masih mengacu pada prinsip animasi sebelumnya yang pernah dibuat, prinsip yang diterapkan dalam animasi Walkcycle diantaranya Timing and Spacing, Arcs

 Timing anda Spacing
Keahlian dalam pengaturan waktu dalam animasi diperoleh dengan pengalaman dan eksperimen pribadi, menggunakan metode trial and error dalam menyempurnakan teknik. Gambar yang jumlahnya banyak akan menghasilkan gerakan lambat dan halus. Gambar sedikit menghasilkan gerakan lebih cepat dan lebih kasar.
Berbagai waktu lambat dan cepat dalam adegan menambahkan tekstur dan menarik bagi gerakan. Juga, ada waktu dalam ealis dari karakter untuk membangun suasana hati, emosi, dan reaksi terhadap karakter lain atau situasi.
Mempelajari gerakan eali dan penyanyi di atas panggung dan di film berguna ketika menghidupkan karakter manusia atau hewan.
Agar timing akurat, diperlukan pengaturan dope sheets pada animasi manual maupun timeline pada animasi digital, yang berisi keterangan tentang gerakan, dialog dan waktu.

·         Arcs
Pada animasi, ealis pergerakan tubuh pada manusia, binatang, atau makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti pola/jalur (maya) yang disebut Arcs. Hal ini memungkinkan mereka bergerak secara ‘smooth’ dan lebih ealistic, karena pergerakan mereka mengikuti suatu pola yang berbentuk lengkung (termasuk lingkaran, elips, atau parabola). Sebagai contoh, Arcs ditunjukkan pada lintasan tangan saat melempar bola dan lintasan gerak bola di udara. 

Pose to pose
Pose to pose merupakan penentuan key animation dan in between dalam sebuah pergerakan animasi dari pose awal hingga pose akhir dan nantinya akan berlanjut pada pose berikutnya.

Abticipation
Anticipation adalah sebuah gerakan yang dilakukan sebagai awal atau ancang-ancang sebelum melakukan gerakan yang dimaksud.

LANGKAH PERCOBAAN
1.      Buka software Pencil 2D
2.      Buat lintasan arah sebagai acuan posisi karung pada layer vector
3.      Buat gambar karung pada layer bitmap
4.      Tambahkan layer baru dengan perubahan gambar yang berbeda untuk menghasilkan gerakan karung bergoyang-goyang
5.      Untuk melihat hasilnya klik play and looping lalu matikan onion skin previous frame pada display option
6.       Simpan dan mainkan 

Hasil percobaan animasi Flour Shake saya:




0 komentar

Posts a comment

 
© Karung Animasi
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top