Menggunakan Blender Bouncing Ball Exercise untuk mengenal tool animasi yang disediakan oleh blender.
2. Alat
Blender 2.6+
3. Bahan
(tanpa bahan)
4. Dasar Teori
A. Bouncing ball dilihat dari sudut pandang 12 prinsip animasi
Bola mantul melewati layar (source: misscaptainalex.wordpress.com)
Contoh bola memantul(bouncing ball) tersebut merupakan kombinasi dari beberapa konsep animasi sekaligus
diantaranya
Timing and Spacing Timing berhubungan dengan durasi atau jumlah frame yang diperlukan oleh sebuah action. timing yang tepat akan membuat sebuah action tampil meyakinkan. berikut adalah penjelasan singkat tentang animasi yang menggunakan timing yang tepat versus animasi dengan timing yang kurang pas.
Sedangkan spacing berhubungan dengan kecepatan sebuah benda. apakah benda tersebut memiliki kecepatan konstan atau dipercepat atau diperlambat atau kombinasi dipercepat dan diperlambat.
berikut adalah variasi-variasi spacing dalam proses pembuatan animasi.
Timing and Spacing (http://hiwulan.blogsopt.com)
Arcs (lintasan gerak) Arcs artinya lengkungan. secara umum, di dunia nyata, hampir tidak ada gerakan lurus atau diagonal sempurna. semuanya ada lengkungannya. Pada kasus bouncing ball across screen, lintasannya akan membentuk lengkungan sebagai berikut Arcs of bouncing ball across screen (www.angryanimator.com)
B. Blender Dope Sheet Editor
Blender dopesheet editor digunakan untuk melihat property apa saja yang terpengaruh oleh sebuah keyframe.
Dopesheet Editor
C. Blender Graph Editor
Graph editor merupakan editor untuk memanipulasi spacing antar keyframe. Digunakan untuk mengimplementasikan ease in, ease out, dan constant movement.
Graph Editor
D. Motion Paths
Motion path merupakan menu untuk menvisualkan kalkulasi gerakan yang dilakukan oleh blender. Salah satu kegunaan alat ini adalah untuk mengecek arcs dari sebuah gerak animasi.
Cube with motion path
5. Petunjuk Praktikum
Gunakan Dope sheet editor untuk mengatur timing
Gunakan Graph editor untuk mengatur spacing
Gunakan Motion path untuk mengevaluasi arcs dan spacing
6. Latihan Praktikum
Lakukanlah latihan bertingkat berikut ini:
Buatlah bouncing ball dengan gerakan vertical saja (vertical only/bounce in place/mantul di tempat) Tirukan gerakan dari bowling ball berikut ini. Jika sudah mampu, lanjutkan ke soccer ball jika ada waktu sisa praktikum. Bouncing ball vertical
Buatlah bouncing ball dengan gerakan across the screen (melintasi layar) Bouncing ball across the screen
Buatlah bouncing ball across the screen dengan tambahan squash and stretch (penyet) Bouncing ball with squash and stretch
7. Hasil Praktikum
video bouncing ball
video bouncing ball across
8. Kesimpulan yang diharapkan
Dari percobaan mengenai bouncing ball blender ini awalnya saya tidak paham bagaimana untuk membuatnya, namun setelah saya mempraktikannya kendala yang saya alami pada untuk menghasilkan bouncing yang halus, sehingga di diatur dengan key handle vector, agar memantul halus. Untuk menghasilkan vector yang bisa melengkung bisa diatur dengan memblok dope sheet summary.
Pada percobaan ke dua saya sebelumnya bingung bagaimana caranya, akhirnya saya berhasil dengan bantuan teman meskipun hasil masih jauh dari sempurna. Namun pantulan masih terjadi satu kali belum bisa memantul berulang ulang dengan ketinggian yang berbeda.
0 komentar
Posts a comment