Prak 10 – Walk Cycle
1. Tujuan
Membuat animasi walk cycle
2. Alat
Blender 2.6+
3. Bahan
4. Dasar Teori
A. Walk Cycle Pose
Sebuah walk cycle dapat disusun dengan mengikuti acuan pose-pose berikut
B. Biped Rig by Nathan Vegdal
Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang biped rig yang akan digunakan, diantaranya meliputi setting IK dan FK, cara penggunakan IK pada kaki untuk mengatur pose kaki.
C. Blender Dope Sheet Editor
Blender dopesheet editor digunakan untuk melihat property apa saja yang terpengaruh oleh sebuah keyframe.
C. Blender Graph Editor
Graph editor merupakan editor untuk memanipulasi spacing antar keyframe. Digunakan untuk mengimplementasikan ease in, ease out, dan constant movement.
D. Motion Paths
Motion path merupakan menu untuk menvisualkan kalkulasi gerakan yang dilakukan oleh blender. Salah satu kegunaan alat ini adalah untuk mengecek arcs dari sebuah gerak animasi.
5. Petunjuk Praktikum
- Gunakan Dope sheet editor untuk mengatur timing
- Gunakan Graph editor untuk mengatur spacing
- Gunakan Motion path untuk mengevaluasi arcs dan spacing
6. Latihan Praktikum
Lakukanlah latihan-latihan berikut ini:
- Buatlah walk cycle sederhana dengan menggunakan extreme position dan passing position.
- Modifikasi walk cycle sederhana tersebut dengan menambahkan up position dan down position.
- Modifikasi walk cycle tersebut dengan menambahkan gerak naik turun bahu dan pinggul.
7. Hasil Praktikum
8. Kesimpulan
Dari hasil praktikum banyak permasalahan, awalnya tidak bisa di duplikat pada frame ke 12 kemudian dengan bantuan pak hasbi alhamdulilah bisa, namun pada hasilnya langkah kakinya tidak seimbang atau tidak pada lantai yang sama.
0 komentar
Posts a comment