Praktikum 5 – Polygon Modelling
Tujuan
Membuat model 3D menggunakan teknik Polygon Modelling
Alat
Blender 2.73a
Bahan
(Tanpa Bahan)
Dasar Teori
Ada banyak teknik 3D modeling, diantaranya:
1. Polygon Modelling
2. Sculpting
Polygon Modeling
polygon modeling menggunakan polygon sebagai bentuk dasar untuk pembuatan model 3D. Seperti pada referensi ini. Pada referensi tersebut, kegiatan modeling dimulai dengan memilih primitive. Bisa disebut juga primitive modeling. Primitive modeling biasanya dilanjutkan dengan polygon editing. Dalam blender, biasa disebut dengan
Edit Mode
atau shortcut-nya tombol TAB.
Sculpting
Sculpting menggunakan pendekatan artist lilin/malam untuk setiap menu yang disediakan oleh softwarenya.
Petunjuk Praktikum
- Membuat kursi menggunakan primitive only
- Membuat kursi menggunakan polygon editing dengan pendekatan additive modeling
- Membuat kursi menggunakan teknik polygon editing dengan pendekatan subtractive modeling
- Membuat meja dengan kombinasi pendekatan additive dan subtractive
- Membuat kursi versi 2 dengan teknik polygon editingHasil Praktikum
1. Kursi dengan menggunakan Polygon Model dan diputar 360
Analisa dan Kesimpulan
Dari hasil percobaan dengan menggunakan Polygon Model saya yang memang sebelumnya belum belajar tentang blender, sehingga saya masih merasa kesusahan di awal. Belum mengenal shortcut pada blender sehingga saya merasa untuk membuat 1 model kursi saja membutuhkan waktu yang lama. Namun setelah berulang kali mengulang dan memahami dari video yang sudah di sediakan sangat membantu saya dalam menyelesaikan satu model kursi dengan menggunkan model polygon.
Memang perlu dibutuhkan ketelatenan untuk menyelesaikannya.
Permasalahan yang saya alami selain itu adalah pada proses untuk memutar 360. Berulang kali belum bisa di putar dan permasalahannya adalah pada objek (kursi) yang belum di group. Selain klik A juga di control J agar objek dapat ter- select keseluruhan.
0 komentar
Posts a comment